Pemecahan Masalah Matematika (Problem Solving in Mathematica)
Masalah adalah sebuah kata yang sering terdengan oleh kita.Namun sesuatu menjadi masalah tergantung bagaimana seseorang mendapatkan masalah tersebut sesuai kemampuannya.Terkadang dalam pendidikan matematika SD ada masalah bagi kelas rendah namun bukan masalah bagi kelas tinggi.Masalah merupakan suatu konflik,hambatan bagi siswa dalam menyelesaikan tugas belajaraannya di kelas.Namun masalah harus diselesaikan agar proses berpikir siswa terus berkembang.Semakin banyak siswa dapat menyelesaikan setiap permasalahan matematika,maka siswa akan kaya akan variasi dalam menyelesaikan soal-soal matematika dalam bentuk apapun Bentuk soal matematika dalam SD berbentuk rutin atau pun tidak rutin.Contoh 3×3=9 merupakan soal rutin bagi siswa SD kelas 2 karena siswa tidak berpikir tinggi dalam menyelesaikan soal tersebut.Jika kelas 2 diberikan soal 33×33=….mungkin menjadi suatu masalah bagi siswa SD,inilah suatu bentuk soal yang tidak rutin.Sehingga kita bisa memberikan pemisahan bahwa soal yang tidak rutin merupakan masalah bagi siswa. Jenis masalah dalam pembelajaran SD ada 4 yaitu: 1. Masalah Translasi adalah masalah yang berhubungan aktivitas sehari-hari siswa.contoh: Ade membeli permen Sugus 12 buah.Bagaimana cara Ade membagikan kepada 24 orang temannya agar semua kebagian dengan adil? 2. Masalah Aplikasi adalah masalah yang menerapkan suatu konsep,rumus matematika dalam sebuah soal-soal matematika.Contoh suatu kolam berbentuk persegipanjang yang berukuran panjang 20 meter dan lebar 10 meter.Berapa luas kolam tersebut? 3. Masalah Proses/Pola adalah masalah yang memiliki pola, keteraturan dalam penyelesainnya.Contoh: 2 4 6 8 … Berapa angka berikutnya? 4.Masalah Teka-teki adalah masalah yang sifat menerka atau dapat berupa permainan namun tetap mengacu pada konsep dalam matematika.contoh:Aku adalah anggota bilangan Asli,aku adalah bilangan perkasa,jika kelipatannku dijumlahkan angka-angkanya hasilnya adalah aku,siapakah aku? Pemecahan masalah memerlukan strategi dalam menyelesaikannya.Kebenaran,ketepatan,keuletan dan kecepatan adalah suatu hal yang diperlukan dalam penyelesaian masalah.Keterampilan siswa dalam menyusun suatu strategi adalah suatu kemampuan yang harus dilihat oleh guru.Jawaban benar bukan standar ukur mutlak,namun proses yang lebih penting darimana siswa dapat mendapatkan jawaban tersebut.Variasi strategi yang diharapkan muncul dalam pembelajaran siswa SD
Entri Populer
-
Beberapa hari terakhir ini banyak pengunjung blog APIQ menggunakan kata kunci, “rumus matematika SD kelas 5.” Ada apa dengan rumus matemat...
-
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah : SMK NEGERI I PURWOREJO Mata Pelajaran : Matematika Kelas/ Semester : XI / 3 A...
-
Komposisi Biner Definisi: S suatu himpunan tak kosong. Suatu komposisi biner (operasi tertutup “*”) dalam S adalah suatu pemetaan :SxSS....
-
Pemecahan Masalah Matematika (Problem Solving in Mathematica) Masalah adalah sebuah kata yang sering terdengan oleh kita.Namun sesuatu men...
-
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH Oleh: Utari Sumarmo, FPMIPA UPI Desember 2006 ABSTRAK Artikel ...
-
Pemecahan Masalah Matematika (Problem Solving in Mathematica) Masalah adalah sebuah kata yang sering terdengan oleh kita.Namun sesuatu menj...
-
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Euklides, matematikawan Yunani, abad ke-3 SM, seperti yang diluki...
-
BANYAK mitos menyesatkan mengenai matematika. Mitos-mitos salah ini memberi andil besar dalam membuat sebagian masyarakat merasa alergi bahk...
-
Logika Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Filosofi Cabang[tampilkan] Zaman[tampilkan] Tradisi[tampilkan] Filsuf[ta...
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar